spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Bali Siap Bantu Ciamis Bangun Rumah Leluhur

    CIAMIS,FOKUSJabar.com: Ketua Parisade Hindu Darma Provinsi Bali yang juga Rektor Universita Hindu Denpasa Bali Igusti Ngurah Sudiana mengaku akan membantu para sejarawan dan Budayawan Ciamis membangun rumah Kabuyutan, ataupun rumah leluhur Pasundan di lingkungan Stus Budaya Astana Gede Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

    Hal tersebut didasari atas alur sejarah yang diyakini bahwa Sunda adalah leluhur adat dari masyarakat Bali.

    ” Kami akan berdo’a dan membantu para Sejarawan dan Budayawan Pasundan, Galuh Ciamis untuk membangun suatu monumen Rumah Leluhur, karna sunda Pasundan juga adalah leluhur kami,” ucapnya

    Sementara itu Biro Kesra Kementrian Agama Provinsi Bali, Ida Bagus Mahadika menjelaska, di Bali, Budaya adalah pemersatu Bangsa, dari keragaman Agama yang ada.

    “Kami tidak hanya menaungi satu agama, namun beragam agama, bagaimana toleransi yang terjadi di Bali menjadikan Bhineka Tunggal Ika bisa terwujud, di Ciamis ini juga bisa seperti itu, dengan Budaya, menyatukan garis kebersamaan dalam perbedaan,” ucapnya.

    Sementara itu, Kabid Destinasi Dinas Parawisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, mengatakan izin pembangunan Rumah leluhur di Situs Budaya Astana Gede akan sulit, mengingat Astana Gede tidak hanya dikelola oleh Pemda Ciamis, Namun juga pihak lain seperti Perhutani, Pemprov dan Balai Pelestarian Cagar Budaya.

    ” Untuk mengganti warna Cet di lingkungan Astana Gede saja harus izin ke Balai Pelestarian Cagar Budaya, namun prosedur akan kita tempuh bersama demi kemajuan Kabupaten Ciamis,” ucap Budi Selasa (30/1/2018)

    Budi menjelaskan, apabila pemerintah daerah, terutama masyarakat Ciamis mengijinkan situs Astana Gede jadi tempat ziarah agama Hindu, maka akan muncul wajah kebhinekaan dan tolerensi di Kabupaten Ciamis. Hal itu pun bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam menjaga kebhinekaan dan toleransi antar umat beragama.

    (Riza M Irfansyah/Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img