Senin 18 Januari 2021

Tiga Curug di Linggalaksana Kabupaten Tasikmalaya Perlu Pengembangan

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kabupaten Tasikmalaya menyimpan berbagai potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata untuk meningkatkan pendapatan daerah. Sepertihlanya di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas yang memiliki Curug Cibakom dan Ciwatin.

Oleh sebagian masyarakat, desa ini dikenal dengan sebutan Kampung Curug, sebutan itu karena di desa tersebut terdapat tiga curug dalam satu aliran sungai dengan tiga tingkatan. Di tingkat pertama yakni Curug Koja, letaknya paling atas.

Untuk menempuh lokasi itu harus melewati Curug Cibakom di Dusun Mekarsari atau melewati Dusun Citamiang. Sejauh ini Curug Koja hanya dikelola oleh para pemuda sekitar dibantu mahasiswa KKN dari Universitas Siliwangi (Unsil).

Kemudian di tingkat kedua ada Curug Cibakom, curug ini berada di Dusun Mekarsari. Namun untuk menikmati keindahan curug tersebut pengunjung harus menempuh medan cukup sulit, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 25 menit dengan berjalan kaki menelusuri desa, rawa, kebun dan area pesawahan.

Terakhir adalah Curug Ciwatin di Dusun Nusawangi. Curug ini mengalirkan airnya ke muara sungai Ciwulan perbatasan antara Cikatomas dan Karangnunggal. Menuju curug ini sangat mudah, yakni dari Kantor Desa Linggalaksana berjalan kaki menelusuri pesawan dan setelah lima menit sudah sampai.

Melihat potensi curug yang indah, tim KKN 66 dari Unsil berinisitaif untuk memberdayakan kedua curug tersebut, salah satunya membuka jalan dan penempatan banner di depan perbatasan Desa Linggalaksana. Hal itu dilakukan agar semua orang mengetahui keberadaan curug tersebut. Terlebih selama ini banyak yang salah arah.

“Selama ini menuju kawasan tersebut tidak ada petunjuknya, apalagi jalurnya mempunyai banyak cabang. Warga sekitar berharap agar curug yang ada di Desa Linggalaksana bisa terus dikembangkan sehingga menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Begitu juga dengan pelestarian curug agar bisa lebih dikembangkan oleh para pemuda pemudi di Desa Linggalaksana,” kata salah seorang anggota KKN Unsil, Sabtu (27/1/2018)

(Mahasiswa KKN Unsil Tasikmalaya Erisa Santika / LIN)

Artikel Lainnya

Tiga Curug di Linggalaksana Kabupaten Tasikmalaya Perlu Pengembangan 2
Tiga Curug di Linggalaksana Kabupaten Tasikmalaya Perlu Pengembangan 3