spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantiyo Berceramah di Hadapan Ribuan Ikhwan di Ponpes Sirnarasa

CIAMIS, FOKUSJabar.id : Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo berceramah di hadapan ribuan Ikhwan Pondok Pesantren Sirnarasa, Dusun Ciceuri, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Sabtu (27/1/2018). Dalam manakiban yang digelar sebulan sekali itu, Gatot menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia yang dipelopori oleh ulama dan santri.

“Bukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang mempelopori perlawanan kepada penjajah, di masa penjajahan dulu. Ulama dan santri lah yang paling banyak melawan penjajah sampai merdekanya Indonesia. Dulu belum ada TNI,” tegas Gatot.

Setelah dari Ponpes Sirnarasa, Gatot meneruskan perjalanan religinya ke Semarang, Jawa Tengah. Dia mengaku ingin mengunjungi ulama-ulama di Indonesia untuk memberikan ucapan terimakasih.

“Sampai saat ini saya masih menjadi TNI, bulan Maret 2018 mendatang akan pensiun. Saya ingin berkeliling mengunjungi pesantren dan berterimakasih kepada para ulama,” kata dia.

Selain Jenderal Gatot, di hari yang sama Bupati Ciamis Iing Syam Arifien pun turut ikut hadir di Ponpes Sirnarasa. Gatot dan Iing melakukan talqin dzikir secara langsung oleh Pimpinan Ponpes Sirnarasa Syekh Mursyid Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul RA., QS. (Abah Aos).

(Ibenk/LIN)

Artikel Lainnya

spot_img