spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Lapan: 31 Januari Indonesia Kedatangan Gerhana Bulan Total Biru Kemerahan

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Pada tanggal 31 Januari 2018 mendatang, Indonesia akan kedatangan fenomena momen Super Blue Blood Moon. Demikian diinformasikan langsung Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

    Super Blue Blood Moon akan berlangsung dari pukul 18:48 WIB saat bagian bawah (sisi timur) purnama mulai gelap oleh bayangan Bumi atau disebut juga sebagai umbra.

    Kemudian pukul 19:52 WIB, seluruh purnama akan masuk ke bayangan inti bulan sebagai awal dari Gerhana Bulan Total, sehingga Bulan akan menjadi gelap kemerahan. Warna merah itu disebabkan oleh pembiasan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi.

    Fenomena Gerhana Bulan Total ini akan berlangsung hingga pukul 21:08 WIB, yaitu saat purnama menjelang keluar dari umbra. Setelah itu, secara perlahan cahaya purnama mulai tampak dari bagian kanan bawah atau sebelah timur. Keseluruhan proses gerhana akan berakhir pada pukul 22:11 WIB.

    Momen langka Super Blue Blood Moon ini terjadi karena faktor tiga pertistiwa alam secara bersamaan, mulai dari Supermoon, Blue Moon, dan Gerhana Bulan Total. Gabungan ketiga peristiwa tersebutlah yang membuatnya dinamakan Super Blue Blood Moon atau Gerhana Bulan Biru Kemerahan.

    (Vina)

    Berita Terbaru

    spot_img