spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Jumlah Perokok Pemula di Kota Bandung Semakin Memprihatinkan

    BANDUNG, FOKUSJabar.com : Jumlah perokok pemula di kalangan remaja di Kota Bandung semakin memprihatinkan. Sebanyak 37 persen perokok pemula berada di usia 16 tahun. Data tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Smoke Free Bandung.

    Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung, Henny Rahayu Ningtyas mengaku sudah mendapat data tersebut. Hasilnya ada peningkatan jumlah perokok muda.

    “Itu survei yang dilakukan Smoke Free Bandung dan disampaikan ke Dinkes. Memang hasilnya sangat memprihatinkan, bahkan saya lihat ada yang anak berusia 9 tahun yang juga sudah merokok,” papar Henny mengutip PRFM, Jumat (26/1/2018).

    Terkait hal ini, Dinkes akan semakin gencar melakukan sosialisasi ke sekolah dan masyarakat mengenai bahaya rokok dan cara pencegahannya. Selain itu, Dinkes Kota Bandung juga sudah menyediakan pelayanan konseling untuk berhenti merokok di setiap puskesmas.

    “Memang respon masyarakat untuk melakukan konseling belum terlalu banyak. Tapi saya yakin banyak para perokok yang ingin mengubah pola hidupnya,” paparnya.

    Upaya lain yang terus dilakukan Dinkes Kota Bandung, lanjutnya, yaitu dengan memantau kawasan tanpa rokok yang bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

    “Kita akan cek sejumlah tempat kawasan tanpa rokok, termasuk di setiap perusahaan,” tandasnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img