spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Jokowi Perkenalkan Konsep Indo-Pasifik di KTT ASEAN-India

    INDIA, FOKUSJabar.id: Indonesia mengharapkan ekosistem damai, stabil dan sejahtera dapat terbentuk di lingkar Samudera Hindia dan Samudera Pasifik di Lingkar Indo Pasifik.

    Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN-India di Rasthrapati Bhawan, India Kamis (25/1/2018) waktu setempat.

    “Saya percaya melalui mekanisme yang dipimpin ASEAN dan melalui kemitraan ASEAN-India kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil dan sejahtera dapat tercapai,” kata Jokowi, seperti dilansir CNN.

    Lebih lanjut, Jokowi mengatakan konsep Indo-Pasifik secara alami dapat dikembangkan berdasarkan Traktat Kerja Sama dan Persahabatan ASEAN dimana semua negara penting di kawasan telah menjadi para pihak dari perjanjian

    “Pengembangan konsep Indo-Pasifik, juga harus dilakukan secara terbuka, transparan, inklusif didasarkan pada habit of dialogue; dilandasi keinginan untuk bekerja sama serta menjunjung tinggi hukum internasional,” tambahnya.

    Menurut Jokowi, dengan konsep tersebut rivalitas yang tidak sehat yang menimbulkan proyeksi kekuasaan bisa dihindari.

    Lebih jauh disampaikan Jokowi bahwa pengembangan konsep Indo-Pasifik akan baik jika dilakukan melalu penguatan kerja sama bilateral, maupun plurilateral seperti ASEAN-India,

    (Agung/Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img