spot_img
Sabtu 10 Desember 2022
spot_img
More

    Kerjasama Magang SMK Perikanan Jabar Jadi Poin Lawatan Aher Ke Australia

    ADELAIDE, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melakukan lawatan kerjanya ke Benua Australia, Selasa (23/01/2018). Lawatan kerja tersebut dilakukan dalam rangka mempererat tali persaudaraan yang telah terbangun antara Australia Selatan dan Provinsi Jabar sebagai Sister Province.

    Aher didampingi istri Netty Prasetyani beserta rombongan delegasi lain, tiba di Sidney, Australia, Rabu (24/1/2018) pagi langsung melanjutkan perjalanannya menuju Adelaide, Australia Selatan dan menyambangi kediaman Gubernur Australia Selatan Hieu Van Le untuk menghadiri jamuan makan malam. Selain Aher dan rombongan, tampak pula sejumlah pejabat Australia Selatan ikut dalam sajian makan malam tersebut.

    “Terima kasih atas kehadiran semuanya, kami ingin mempersembahkan makanan terbaik dan tersehat di Australia Selatan. Sebagian (bahan masakan) memang diambil dari halaman belakang rumah kami,” tutur Gubernur Hieu disambut tawa semua yang hadir dalam sajian makan malam tersebut.

    Dalam sambutannya, Aher berharap lawatannya ini mampu mempererat serta meningkatkan hubungan kerjasama yang dijalin antara Provinsi Jabar dan Australia Selatan. Beberapa hal yang menjadi perhatiannya adalah transfer knowledge dalam bidang pertanian terkait penanganan lalat buah pada tanaman mangga gedong gincu.

    Selain itu terkait peningkatan kerja sama di bidang perikanan, yakni di bidang pelatihan dan pemagangan lulusan SMK Perikanan dari Jabar ke Australia Selatan yang belum terlaksana. Terakhir, optimalisasi kerja sama di bidang pariwisata yang dinilai belum maksimal akibat komunikasi yang belum terjalin intensif di antara kedua belah pihak.

    Setelah mendengarkan sambutan dari Gubernur Hieu dan Aher, ditandai bunyi bel, iring-iringan pelayan kemudian memasuki ruangan jamuan makan malam yang dihiasi cahaya lilin itu. Arsitektur ruangan bergaya Eropa, baik eksterior maupun interiornya, ditambah keberadaan sejumlah lukisan Raja-Raja Inggris membuat jamuan makan malam itu benar-benar bak jamuan makan malam di Kerajaan Inggris.

    Terdapat tiga sajian istimewa yang dihidangkan dalam jamuan makan malam istimewa itu, yakni hidangan pembuka bernama Barossa Valey Smoked Chicken Breasty yang disajikan dengan salad greens, fresh manggo, dan avocado salsa.

    Hidangan kedua atau hidangan utama, berupa South Australian Sierad Snapper Fillet yang disajikan dengan trust champ and chrispy, and snow peas. Sedangkan hidangan penutupnya bernama Government House Honey Panna Cotta yang disajikan dengan natural honeycomb.

    Tak salah jika Gubernur Hieu menyebutnya sebagai makanan terbaik dan tersehat di Negeri Persemakmuran Inggris Raya itu, hal tersebut setidaknya terlihat dari kesegaran seluruh makanan yang disajikan. Seluruh makanan yang disajikan memang benar-benar segar dan menyehatkan, meskipun soal rasa, belum tentu cocok di lidah orang Indonesia.

    Dengan sambutan luar biasa itu, jamuan makan malam ala kerajaan tersebut pun sukses menguatkan kembali hubungan yang terbangun antara Provinsi Jabar dengan Australia Selatan sejak 2015 silam.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img