spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Tahun 2018, Kota Bandung Jadi Prioritas Pembangunan LRT

    BANDUNG, FOKUSJabar.com: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tahun ini Kota Bandung menjadi prioritas pembangunan light rail transit (LRT). Selain Kota Bandung, kereta ringan ini pun bakal dibangun di Makassar, Surabaya dan Medan.

    Ia menjelaskan, LRT laik dibangun di kota-kota yang penduduknya mencapai dua juta jiwa. Namun saat ini hanya Makassar yang belum memberikan studi kelaikan.

    “Empat kota itu yang menjadi prioritas untuk dibangun LRT. Kalau yang sudah ada feasibility study nya adalah Surabaya, Bandung dan Medan,” kata Menhub Budi dalam siaran persnya, Selasa (23/1/2018).

    Pembangunan LRT ini, lanjutnya, bukan hanya untuk menyambut Asian Games saja, tetapi juga diharapkan menjadi transportasi massal perkotaan.

    “Sebenarnya kalau membangun (LRT) bukan hanya untuk Asian Games. Itu hanya pemicu, namun dibangunnya LRT di Palembang sebagai suatu contoh penggunaan transportasi massal di perkotaan,” jelas Budi.

    Terkait hal ini, Budi ingin Pemda serius dalam mempersiapkan rute serta titik Transit Oriented Development (TOD) dengan baik, sehingga masyarakat dapat mengubah pola hidup dengan meninggalkan moda angkutan yang lama. Adanya LRT juga diharapkan menjadi solusi kemacetan di wilayah perkotaan serta meningkatkan mobilitas serta pendapatan masyarakat.

    “LRT adalah suatu teknologi baru, bagaimana kita menarik pengguna motor untuk menggunakan LRT. Dibutuhkan konsep baru yang memberikan suatu daya tarik supaya orang mau menggunakan LRT, mengubah pola hidup. Itu tidak mudah,” ujarnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img