spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Alasan Pemerintan Impor Beras untuk Tekan Inflasi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Dody Budi Waluyo Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia mengatakan  melambungnya harga beras awal bulan ini berimbas terhadap tingginya inflasi. Oleh karena itu untuk menekan inflasi pemerintah mengambil langkah dengan mengimpor beras yang besarnya mencapai 500 ribu ton, kebijakan dengan mengimpor beras tersebut sebenarnya langkah yang tidak tepat yang diambil Pemerintah.

    ”Langkah impor beras tentunya itu bukan solusi yang tepat atau permanen, banyak hal yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan untuk mengatasi dan mengendalikan harga salah satunya meningkatkan produksi beras, jika volume produksi meningkat, kalau stok beras melimpah otomatis harga tidak melambung, jadi kalau hanya impor itu tidak efektif, tapi kunci semua adalah produksi, kalau produksi meningkat pasti tidak akan ada masalah,”ungkap Dody kepada Wartawan, usai menghadiri acara serah terima Kepala BI Perwakilan Tasikmalaya Jum’at (19/01).

    Ditambahkan, dampak tingginya harga beras menyebabkan inflasi beras mencapai 5 persen, ini cukup tinggi, peran daerah merupakan hal yang terpenting untuk mengendalikan pangan ini merupakan kunci keberhasilan inflasi  secara Nasional.

     

    ”Ada tiga momentum utama dalam mendukung pemulihan ekonomi indonesia pertama perbaikan perekonomian dunia, kedua terjaganya stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, ketiga testimoni atau kepercayaan pihak asing bahwa ekonomi kita semakin baik dan prospeknya semakin baik untuk tujuan investasi,”tandasnya.

    (Seda/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img