spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Rute Bus Bandros Akan Lewati Lokasi Wisata Kota Bandung

    BANDUNGFOKUSJabar.id : Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung meyusun rute baru (re-route) Bandung Tour on The Bus (Bandros) yang baru. Di rute baru tersebut, bus Bandros akan terkoneksi dengan lokasi-lokasi wisata di Kota Bandung seperti taman-taman, museum, dan destinasi wisata lain.
    Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Ruswandi menuturkan, pada rute baru tersebut direncanakan akan ada lima rute bus Bandros. Yakni rute wilayah Bandung Utara menuju Bandung Tengah, Bandung Timur ke Bandung Tengah, Bandung Selatan ke Bandung Tengah, Bandung Barat ke Bandung Tengah, dan rute berkeliling di Bandung Tengah.
    “Jadi rute-rute itu akan menghubungkan dari semua wilayah Bandung ke pusat kota di tengah. Untuk titik pertemuannya ada di Gasibu, Balai Kota dan Alun-alun Bandung. Dari wilayah utara, selatan, timur dan barat, nanti ditransfer ke bus Bandros yang berkeliling di pusat kota ke lokasi-lokasi wisata. Untuk satu rute, kita siapkan dua bus Bandros jadi totalnya ada 12 bus Bandros yang beroperasi,” ujar Didi saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Jumat (19/1/2018).
    Penentuan rute bus Bandros yang baru ini, lanjut Didi, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bandung. Dengan demikian, setiap lokasi-lokasi wisata di dalam Kota Bandung pun bisa terkoneksi dengan rute bus Bandros yang baru.
    “Untuk sistem pembayarannya, kita gunakan sistem one day trip. Jadi warga cukup satu kali bayar untuk naik bus Bandros dan berkeliling ke lokasi-lokasi wisata di Kota Bandung selama satu hari,” tambahnya.
    Sementara untuk besaran tarif yang harus dibayarkan, Didi mengaku masih melakukan pembahasan. Dan untuk warga yang membayar tarif one day trip dengan menggunakan bus Bandrod, akan mendapatkan gelang seperti yang digunakan untuk memasuki wahana permainan.
    “Jadi untuk saat ini kita masih gunakan gelang. Kedepan, kita berharap bisa menggunakan kartu Bandung Juara sehingga transaksi yang dilakukan tidak menggunakan uang tunai. Dengan rute dan sistem pembayaran one day trip, kita berharap bisa mereduksi parkir dan warga yang akan datang ke tempat wisata bisa menggunakan bus wisata Bandros ini,” tegasnya. (Ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img