spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    KNPI Harus Netral dalam Pilkada

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Menjelang pesta demokrasi Pemilu Kepala Daerah serentak, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus bersikap netral. Sebagai organisasi yang mewadahi pemuda , sudah selayaknya KNPI menjaga netralitasnya.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Bandung, Dodi Ridwansyah mengatakan, sikap netral tersebut harus dilakukan KNPI mengingat organisasi ini menjadi tempat curah pikiran dan gagasan dari berbagai organisasi masyarakat.

    “Sebagai sebuah organisasi, KNPI harus netral dalam Pilkada. Tetapi anggotanya dipersilahkan menyalurkan hak politik mereka kepada pasangan calon mana pun, “ jelas Dodi saat ditemui usai pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-XIV KNPI kota Bandung, di Hotel Horison, Kamis (18/01/2018).

    Menurut Dodi, perbedaan pendapat dari setiap anggota KNPI merupakan hal yang wajar . Tetapi masalah itu bukan menjadi alasan KNPI secara kelembagaan harus berpihak pada kontestan Pilkada.

    Ditemui di tempat yang sama, Ketua KNPI kota Bandung, Sigit Iskandar mengatakan , gelaran Musda berisi dua agenda utama.

    “Ada dua agenda, yaitu laporan pertanggungjawaban dan pemilihan ketua baru, kami juga dituntut untuk menyelesaikan hasil raker. Mengenai pemilihan ketua, kami mengupayakan agar agenda ini tidak di voting tetapi dengan musyawarah mufakat,” jelas Sigit.

    Disinggung mengenai sikap KNPI menghadapi Pilkada, Sigit menegaskan KNPI bersikap netral, meskipun secara individu sudah menentukan pilihan mereka masing masing.

    “Kita harus netral, tidak boleh ada keberpihakan, walaupun secara individu, silakan saja, sebagai wadah mengasah kepemimpinan dan politik, maka itu pemuda ini harus ikut pesta demokrasi,” jelasnya.

    Sigit pun tidak menampik, bahwa ada fakta yang menyebutkan 60 persen pemuda memilih golput. Atas pertimbangan itu pula, pihaknya terus berupaya agar tingkat partisipasi pemuda dalam pesta demokrasi terus meningkat.

    “Hal itu pula yang terus kami dorong untuk turut serta dalam perhelatan demokrasi. Semoga upaya ini bisa menekan angka golput, “ pungkasnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img