spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    Aher Puji Kemajuan PAD Kabupaten Pangandaran

    PANGANDARAN, FOKUSJabar. co. id: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) terus menyokong Kabupaten Pangandaran. Sokongan tersebut pun berbuah manis.

    Saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pangandaran dari sektor pariwisata mencapai Rp144 milyar atau naik 7 kali lipat ketimbang sebelum menjadi kabupaten mandiri.

    “Dulu PAD Rp22 milyar, setelah menjadi kabupaten, PAD jadi Rp144 milyar. Ini spektakuler berkat kreasi dan inovasi jajaran Pemkab Pangandaran,” kata Aher di Pangandaran, Rabu (17/1/2018).

    Aher menyebut bahwa dari awal Pemorov selalu mendorong Kabupaten Pangandaran, terutama dengan sokongan dana rerata separuh dari banyak fasilitas umum di Pangandaran.

    Dia mencontohkan anggaran tahun 2017 untuk RSUD Pangandaran dan sembilan Puskesmas yang separuh dananya dari APBD Pemprov Jabar.

    Aher sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang lebih mementingkan layanan publik dibandingkan kepentingan Pemerintah Kabupaten

    “Sampai hari ini Kabupaten Pangandaran belum punya gedung, lebih dahulu mementingkan pembangunan Puskesmas, lebih mementingkan RSUD, dan penataan PKL,” kata Aher.

    Khusus penataan PKL di Pantai Barat dan Timur, Aher memproyeksikan turis datang lebih banyak. Sebab, mereka akan makan, belanja, hingga membeli oleh-oleh di lokasi yang lebih representatif.

    Disediakan gedung hingga tiga lantai, sehingga belanja tak perlu lagi di bawah naungan tenda. Terlebih, seluruh PKL mampu ditampung sehingga pariwisata Pangandaran bisa lebih maju.

    “Awal-awal itu transisi, Bali pun begitu. Nanti belanja oleh-oleh tidak dipinggir pantai tapi ada kawasan khusus belanja. Pak Bupati pun jamin takkan ada PKL baru, karena pengawasan nanti ada Pol PP dan Satgas Jaga Lembur,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img