spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Bank bjb Siapkan Pondasi Kredit Berbasis Online

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Bank bjb telah menyiapkan pondasi terkait kredit berbasis online dengan tetap mengedepankan lima prinsip, yakni karakter, kapasitas, kapital, kolateral dan kondisi.

    Dirut bank bjb Ahmad Irfan mengatakan bahwa pihaknya sudah memilah dan bisa melakukan kredit secara online.

    “Namun kita tetap melakukan mitigasi risiko, jangan financial tecgnology (Fintech), karena bukan musuh perbankan,” kata Ahmad Irfan di Bandung.

    Menurut dia, konsep itu bukan tidak mungkin dilakukan oleh BPD. Namun, karena BPD didukung kuat pemerintah daerah, baik dari supply maupun demand, justru kerap berada di zona nyaman.

    ” Nah, bjb ini jangan berada di zona nyaman. Harus bangkit dan terus berinovasi, karena kualitas sdm bank bjb sudah sangat menjanjikan,” jelas dia.

    Sementara untuk captive market utama bank bjb memang berada pada penyaluran kredit konsumer yang mayoritas bersumber dari nasabah PNS.

    Setidaknya bank bjb memiliki sekitar 400 ribu payroll PNS di Jabar dan Banten yang menjadi tonggak dalam mengembangkan bisnis. Lalu kredit komersial hadir sebagai pilar kedua bisnis bank bjb.

    Dia mengatakan, bjb akan fokua pada core business utama, yaknibkredir konsumer sebagai pilar pertama. Di pilar kedua bjb akan fokus pada kredit komersial untuk APBD.

    Hal itu ditujukan agar berimbang antara produktif dan konsumtif. Kemudian di pilar ketiga, yakni kredit Mikro serta KPR dan keempat dalam mendukung laju pertumbuhan bisnis internal.

    “Untuk itu bank bjb menargetkan kredit mikro tumbuh sekitar 29 persen pada tahun 2018, melalui beragam fasilitas yang diberikan, seperti program CSR Kewirausahaan bjb dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (Pesat),” tutur dia.

    Tidak hanya itu, bjb pun akan mengembangkan sistem transaksional banking untuk mempertahankan likuiditas
    yang berkelanjutan.

    Penyaluran kredit yang berkualitas akan ditingkatkan serta menekan rasio kredit bermasalah.

    “Saya punya mimpi, tahun 2018 hingga 2020, bank bjb menjadi transaksional banking. Tinggalkan kredit beresiko tinggi dan hadapi kredit beresiko rendah,” pungkasnya.

    (FJ)

    Berita Terbaru

    spot_img