spot_img
Sabtu 10 Desember 2022
spot_img
More

    Inkindo: Jabar Selatan Butuh Sentuhan Khusus

    BANDUNG, Fokusjabar.id: ‎Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Barat akan mencoba mendorong pertumbuhan pembangunan di wilayah Jabar Selatan. Salah satunya dengan mendorong investor menanamkan investasinya di wilayah tersebut.

    Ketua Inkindo Jabar Andrian Tejakusuma menuturkan bahwa secara umum, tingkat pertumbuhan ekonomi di Jabar sudah sangat baik dan merata. Namun, pembangunan di wilayah Jabar Selatan masih tertinggal diban‎ding wilayah lain di Jabar.

    “Saat ini, akses menuju wilayah Jabar Selatan sudah baik dengan pembangunan jalan-jalan penghubung oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Tinggal menumbuhkan sentra-sentra ekonomi di wilayah itu. Saya pikir itu perlu sentuhan khusus,” kata Andrian di sela Musprov Inkindo Jabar di el Royale Hotel, Jalan Merdeka Kota Bandung, Rabu (10/1/2018).

    ‎Beberapa cluster ekonomi yang perlu ditumbuhkan di wilayah Jabar Selatan di antaranya di daerah Ranca Buaya, Cipatujah, dan Cidaun. Saat ini, cluster ekonomi di wilayah tersebut baru ada di daerah Pangandaran dan Palabuan ratu.

    “Ini harus disambungkan dengan membangun cluster ekonomi baru di kawasan Jabar Selatan. Bidang yang perlu dikembangkan di wilayah Jabar Selatan adalah wisata dan perkebunan,” tutur dia.

    Untuk mendorong percepatan pembangunan wilayah Jabar Selatan, kata dia, diperlukan juga akses tol ‎yang menghubungkan wilayah Jabar Selatan dengan sentra ekonomi di wilayah terdekat. Dia mencontohkan embangunan tol Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi) dan tol Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Pangandaran.

    “Untuk tol Bocimi saat ini sedang dalam progres, sedangkan untuk pembangunan tol Garut-Pangandaran baru tahap I yakni Cileunyi-Garut. Dan diharapkan di tahun 2018 ini bisa mulai dibangun dan selesai,” paparnya.

    Dengan keberadaan akses menuju Jabar Selatan yang semakin baik, pihaknya pun akan mencoba ‘menarik’ investor nasional agar mau berinvestasi di kawasan Jabar Selatan. Dengan demikian, investor-investor lain pun bisa ikut terdorong  berinvestasi di kawasan Jabar Selatan.

    “Kita coba push Summarecon dan Podomoro Group untuk berinvestasi di Jabar Selatan. Kalau mereka sudah masuk, saya punya keyakinan akan diikuti oleh investor lain dan Jabar Selatan pun bisa berkembang seperti wilayah Jabar yang lain,” pungkasnya.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img