spot_img
Rabu 7 Desember 2022
spot_img
More

    Venue Pacuan Kuda untuk Porda Jabar XIII Belum Ditentukan

    BANDUNG, Fokusjabar.id: Lokasi pertandingan cabang olahraga (Cabor) berkuda nomor pacuan di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 belum bisa diputuskan.
    Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jawa Barat memiliki dua opsi lokasi,  yakni di lintasan pacuan kuda Pantai Indah Legok Jawa, Kabupaten Pangandaran atau di lintasan pacuan kuda Desa Raharja, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.
    “Untuk venue pacuan kuda pada Porda Jabar XIII itu sudah dipastikan digelar di luar Kabupaten Bogor. Kita pun diperbolehkan menggunakan venue di luar Kabupaten Bogor. Rencana awal kita akan gelar di Sumedang dengan opsi pemindahan lokasi di lintasan pacuan kuda Pantai Indah Legok Jawa, Pangandaran,” kata Ketua Umum Pengprov Pordasi Jabar, Agus Welianto saat ditemui di KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (8/1/2017).
    Untuk venue pacuan kuda di Desa Raharja, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang sendiri merupakan lahan pengganti lintasan pacuan kuda Arcamanik yang saat ini menjadi kawasan SPOrT Jabar.
    Lahan untuk pembangunan lintasan pacuan kuda di Sumedang tersebut pun sudah dibebaskan.
    “Saat ini, baru memasuki tahapan cut and fill (gali dan urug) untuk pembangunan lintasan, sehingga layak digunakan sebagai lokasi pertandingan. Sebelumnya, babak kualifikasi akan digelar di sana (Sumedang), namun karena belum layak maka kita pindah ke Legok Jawa,” tuturnya.
    Saat ini, proses pembangunan venue pacuan kuda di Kabupaten Sumedang masih terkendala anggaran yang belum turun dari Pemprov.
    Untuk penggalian dan urug sudah dilakukan menggunakan dana swadaya dari Pengprov Pordasi Jabar serta masyarakat olahraga berkuda di Jabar.
    “Jadi kalau mau digunakan untuk Porda Jabar XIII, harus secepatnya diselesaikan pembangunan lintasan. Lintasan yang saat ini sudah ada, belum layak dan representatif untuk kuda pacu setingkat Porda Jabar,” jelas dia.
    Dengan kondisi tersebut, pihaknya belum bisa menentukan venue yang akan digunakan untuk pertandingan berkuda nomor pacuan pada Porda Jabar XIII pada Oktober 2018 mendatang.
    Namun jika proses pembangunan lintasan pacuan kuda di Desa Raharja, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang tidak bisa selesai tepat waktu  pertandingan berkuda nomor pacuan pada Porda Jabar XIII kemungkinan besar digelar di lintasan pacuan kuda Pantai Indah Legok Jawa, Cimerak, Kabupaten Pangandaran.
    “Kita terus berkoordinasi dengan pengcab Pordasi Kabupaten Sumedang, Pemkab Sumedang, hingga stakeholder lain terkait pembangunan lintasan di Desa Raharja tersebut,” tegasnya.
    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img