spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Kesulitan Anggaran, BK Porda Jabar XIII Cabor Berkuda-Equestrian Masih Dibahas

    BANDUNG, Fokusjabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jawa Barat masih belum memutuskan menggelar babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 cabor berkuda nomor Equestrian.
    Rencananya, babak kualifikasi untuk nomor Equestrian tersebut akan digelar di stable Pegasus, Kinasih, Bogor.
    Sekretaris Umum Pengprov Pordasi Jabar Yeyen Rusyana Dian menuturkan, pasca-pelaksanaan babak kualifikasi di nomor pacuan, pihaknya akan secepatnya mengevaluasi dan koordinasi terkait pelaksanaan babak kualifikasi di nomor equestrian.
    Pasalnya, untuk pelaksanaan babak kualifikasi nomor equestrian akan menelan biaya yang lebih mahal dibanding nomor pacuan.
    “Untuk tempat rencananya akan digelar di stable Pegasus. Tapi kita masih akan berkoordinasi untuk pelaksanaannya dengan technical delegate, ini menyangkut kesiapan tuan rumah Kabupaten Bogor. Biaya untuk babak kualifikasi nomor equestrian bisa mencapai Rp400 juta,” kata Yeyen saat ditemui  di lintasan pacuan kuda Pantai Indah Legok Jawa, Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Minggu (7/1/2017).
    Dengan bantuan anggaran pelaksanaan babak kualifikasi yang diberikan KONI Jabar sekitar Rp50 juta ditambah dana dari tuan rumah Kabupaten Bogor, pembiayaan untuk pelaksanaan babak kualifikasi nomor equestrian
    tersebut dipastikan masih mengalami kekurangan.
    Untuk itu, pihaknya akan mencoba mencari formulasi lain untuk pelaksanaan babak kualifikasi Porda Jabar XIII/2018 di cabor  berkuda nomor equestrian.
    “Untuk nomor equestrian, sebagian besar atlet sudah memenuhi ranking nasional di semua kelas. Baik di dressage, show jumping, maupun di kelas eventing. Jadi kita akan susun sistem babak kualifikasi seperti apa di nomor equestrian ini, karena kita akui kesulitan dari sisi anggaran pelaksanaan,” terangnya.
    Untuk nomor equestrian sendiri, lanjut Yeyen, akan mempertandingkan sebanyak 10 nomor pertandingan. Terbagi di dua kategori yakni untuk open atau terbuka dan untuk kategori pembinaan di U21.
    “Kita ingin terus menghasilkan atlet-atlet berkuda terbaik sehingga disiapkan juga nomor pembinaan U21. Diharapkan mereka menjadi pelapis dari para seniornya. Jadi total nomor di equestrian pada Porda Jabar XIII sendiri sebanyak 10 nomor. Ditambah 10 nomor di pacuan, jadi total medali uyang diperebutkan di cabang olahraga berkuda pada Porda Jabar XIII nanti yakni sebanyak 20 medali emas,” tegasnya.
    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img