spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    India-Indonesia Perkuat Kerjasama Deradikalisasi

    JAKARTA, Fokusjabar.id: Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia dan menemui Menlu RI Retno Marsudi pada 5-6 Januari. Agengda utama lawatan perdana Swaraj di 2018 ini adalah mempererat kerja sama dalam pemberantasan terorisme, khususnya program deradikalisasi, dengan Indonesia.

    “Terorisme jadi salah satu fokus bahasan Menlu Swaraj dan Menlu Retno. Kedua negara ingin dorong penguatan kerja sama deradikalisme. India memandang RI sebagai negara multikultur yang bisa membendung radikalisme sehingga ingin belajar dari Indonesia,” kata Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Ferdy Nico Yohannes Piay, di Jakarta, Kamis (4/1/2017).

    Menurut Ferdy, India dan Indonesia memiliki kekhawatiran dan fokus yang sama soal terorisme. Isu terorisme dan radikalisme juga menjadi poin utama yang diangkat dalam pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Narendra Modi di New Delhi beberapa waktu lalu.

    Meski begitu, Ferdy tak merinci bentuk penguatan kerja sama terorisme seperti apa yang akan ditetapkan kedua menlu dalam pertemuan besok.

    “Selama ini Indonesia dan India punya kelompok kerja gabungan yang membahas masalah terorisme. India ingin belajar deradikalisasi dari Indonesia. Kita juga ingin belajar soal terorisme siber dari India karena negara itu kan cukup kuat pengembangan IT-nya,” tambahnya, seperti dikutip CNN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img