spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Antisipasi Konten SARA, Polda Jabar Siapkan Tim Patroli Cyber

    BANDUNG, Fokusjabar.id: Mengantisipasi terjadinya kekisruhan seperti Pilkada DKI lalu, Polda Jabar menyiapkan tim patroli cyber untuk mencari konten berbau sara dalam konteks Pilkada di dunia maya.

    Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, tim khusus itu akan mengawasi dan mencari konten yang bisa melanggar UU ITE.

    “Apabila ada konten dalam konteks Pilkada yang mengarah pada UU ITE, akan dilakukan penyelidikan sampai penegakan hukum,” kata Agung usai gelar pasukan pengamanan Pilkada di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (5/1/2018).

    Tim itu sudah berjalan, tetapi belum menemukan konten provokatif yang bisa mengganggu kondusifitas.

    Lebih lanjut dia mengimbau agar seluruh pasangan calon menjalankan semua tahapan sesuai aturan, begitupun dengan para simpatisan dan tim sukses.

    “Kami mengimbau untuk menjaga kemananan dan ketertiban. Ini pesta demokrasi, pestanya rakyat. Saya percaya rakyat Jabar santun, religius,” terangnya.

    Kemudian kaitannya dengan pengamanan Pilkada dan Pilgub, Polda Jabar menyiapkan sebanyak 21.438 personel dan dibantu TNI sebanyak 2.700 personel yang akan disebar di sejumlah wilayah di Jabar.

    Dia menyebut bahwa semua daerah memiliki karakteristik potensi kerawanan yang berbeda. Sejauh ini semua daerah masih aman. Kendati begitu, pihaknya sudah menyiapkan strategi khusus jika suatu daerah mengalami gangguan kondusivitas.

    “Kami akan menerjunkan satu kompi brimob dan satu kompi TNI. Tapi kita lihat perkembangan dulu,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img