spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    Kilas Balik Peristiwa Penting 3 Januari 1885-2000

    BANDUNG, Fokusjabar.id : Berbagai macam peristiwa penting di dunia terjadi pada 3 Januari. Berikut kilas baliknya dari tahun 1885-2000.

    1885 – Perang China – Perancis: Pertempuran Núi Bop dimulai

    1888 – Sedotan ditemukan dan dipatenkan oleh Marvin Stone dari Washington.

    1919 – Dalam Konferensi Perdamaian Paris, Emir Faisal I dari Irak menandatangi perjanjian dengan pemimpin Zionis Chaim Weizmann tentang pembagian tanah Yahudi di Palestina dan bangsa Arab di sebagian besar wilayah Timur Tengah.

    1925 – Benito Mussolini mengumumkan pemerintahan kediktatoran fasis di Italia.

    1945 – Perang Dunia II: Laksamana Chester W. Nimitz diangkat sebagai panglima Angkatan Laut Amerika Serikat di Pasifik dalam persiapan penyerangan atas Iwo Jima dan Okinawa di Jepang.

    1946 – Presiden Ir. Soekarno memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta karena alasan keamanan setelah pendaratan pasukan Sekutu di Jakarta yang diboncengi oleh pasukan kolonial Belanda (disebut NICA, Netherlands Indies Civil Administration).

    1957 – Jam tangan (arloji) elektrik pertama di dunia diperkenalkan di Lancaster.

    1959 – Alaska masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-49.

    1977 – Apple Computer menjadi perusahaan.

    1990 – Diktator Panama Manuel Noriega menyerah kepada pasukan Amerika Serikat yang menginvasi negerinya.

    1993 – Presiden Amerika Serikat George Bush dan Presiden Federasi Rusia Boris Yeltsin menandatangani Pakta Pengurangan Senjata Strategis atau Strategic Arms Reduction Treaty (START) kedua di Moskow, Rusia.

    1994 – Lebih dari 7 juta warga dari bekas wilayah Bantustan (homeland) resmi menjadi warga negara Afrika Selatan sebagai bagian dari penghapusan kebijakan apartheid.

    1996 – Motorola StarTAC, telepon lipat (flip phone) pertama dan salah satu telpon bergerak pertama di dunia yang mendapat respon pasar yang luas, mulai dijual.

    1984 – Kebocoran pabrik kimia Union Carbide di kota Bhopal, India. Ratusan orang tewas akibat gas beracun dari pabrik itu.

    2000 – Komik strip “Peanuts” yang terakhir dibuat oleh Charles Schulz dipublikasikan.

     (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img