spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    Porda Jabar XIV Digelar di Dua Daerah, Ini Harapan Kota Bandung

    BANDUNG, Fokusjabar.id : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung menyetujui wacana pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat yang digelar di dua daerah atau lebih. Dengan catatan, daerah yang menjadi tuan rumah tersebut berada di satu zona atau lokasinya tidak terlalu jauh.

    “Untuk tuan rumah Porda Jabar lebih dari satu kota atau kabupaten, bisa saja dilakukan. Hanya saja harus satu zona seperti yang dulu pernah dilakukan di zona Bandung Raya. Jadi tidak menjadi persoalan,” ujar Ketua Umum KONI Kota Bandung, Aan Johana saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Selasa (2/1/2018).

    Berdasarkan pengajuan tuan rumah yang disampaikan pada saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar beberapa waktu, terdapat tiga daerah yang sudah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah Porda Jabar XIV tahun 2022. Yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang dan Kota Tasikmalaya.

    “Kalau misal ditunjuk KBB dan Subang, itu bagus karena dari sisi zona wilayah tidak terlalu berjauhan. Kalau misal Kota Tasikmalaya yang ditunjuk, mereka harus mencari kota atau kabupaten pendamping untuk juga mau menjadi tuan rumah seperti Kabupaten Tasikmalaya, atau Kabupaten Ciamis,” terangnya.

    Hal tersebut, lanjut Aan, tidak akan memberatkan kota dan kabupaten peserta Porda Jabar XIV jika lokasi penentuan tuan rumah menjadi salah satu pertimbangan. Pasalnya, jika digelar di daerah yang saling berjauhan lokasinya akan menyulitkan monitoring maupun koordinasi pelaksanaan pertandingan.

    “Tapi intinya, kita tetap mengikuti kebijakan yang akan ditetapkan KONI Jabar selama tidak ada hal yang merusak kaidah keolahragaan. Porda Jabar itu harus menjadi tolok ukur keberhasilan dari pembinaan olahraga yang dilakukan setiap daerah dan meraih juara umum Porda Jabar tidak menjadi tujuan utama tuan rumah dengan menghalalkan segala cara yang merusak kaidah pembinaan olahraga itu sendiri,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img