Minggu 20 September 2020

Calon Independen di Ciamis Harus Punya 70.020 Dukungan

CIAMIS, Fokusjabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menentukan jumlah minimal dukungan untuk calon independen sebanyak 70.020 dukungan, supaya bisa mengikuti Pilkada 2018.

Hal ini diputuskan dalam rapat pleno penetapan besaran jumlah dukungan bagi calon perseorangan (Independent) dan dukungan Partai Politik bersama beberapa Stakeholder yakni Panwaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga Kesbangpol Ciamis di Aula KPU Ciamis, Minggu (10/9/2017).

Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim menuturkan dasar dari penetapan besaran jumlah dukungan ini dari hasil pemilihan legislatif  terakhir dan pemilihan presiden. Sehingga hanya melakukan perekapan dari hasil yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hasilnya, jadi calon perseorangan itu minimal harus didukung oleh 70.020 dukungan. Jumlah tersebut harus tersebar di 14 Kecamatan, sementara Kabupaten Ciamis saat ini terdapat 27 Kecamatan.

Kikim menjelaskan, jumlah tersebut diperoleh dari 7,5 persen dikali jumlah daftar pemilih tetap sebelumnya. Untuk 7,5 persen berdasarkan undang-undang, sementara jumlah DPT Ciamis terakhir yakni saat Pemilihan Presiden 2014 sebanyak 933.595 pemilih.

“Jadi jumlah itu harus tersebar di 14 kecamatan, tidak hanya beberapa kecamatan saja. Dukungan bisa dari orang yang sudah tercantum dalam daftar pemilih tetap sebelumnya atau dalam dafrar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), salah satunya pemilih pemula,” ujar Kikim Tarkim usai rapat pleno.

Kata dia, sekarang dipastikan daftar pemilih mengalami perubahan baik pengurangan karena ada yang meninggal dunia dan sebagainya, maupun yang usianya baru masuk 17 yang memiliki hak pilih.

“Untuk calon perseorangan ini dukungannya dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk atau surat keterangan yang diterbitkan Disdukcapil dan formulir yang telah disediakan oleh KPU Ciamis,” jelasnya.

Sementara untuk jalur dari Partai Politik, berdasarkan peraturan KPU nomor 9 tahun 2016 tentang perubahan ketiga PKPU nomor 9 rahun 2015 tentang pencalonan Pilkada. Parpol atau gabungan parpol dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD.

“Untuk kursi DPRD Ciamis, walaupun sudah ada penataan sebelumnya untuk DPRD Pangandaran namun jumlahnya masih 50 kursi. Artinya kalau pasangan ingin mencalonkan minimal harus memenuhi persyaratan 10 kursi,” pungkasnya.

(Hermansyah)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Hobi Naik Gunung Bikin Orang Lupa Diri?

BANJAR,FOKUSJabar.id: Hobi naik gunung memang tidak bisa dianggap enteng,...

Tingkatkan Prestasi Olahraga, KONI Kota Bandung-FPOK UPI Teken Perjanjian Kerjasama

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kerjasama antara KONI Kota Bandung dengan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK UPI) semakin ditegaskan dengan penandatangan MoU tentang 'Penyelenggaraan...

Mantan Kades Nagarajaya Ciamis Ditangkap Polisi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sat Reskrim Polres Ciamis ungkap kasus korupsi dan menahan seorang pelaku berinisial AH (50), mantan Kades Nagarajaya, Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jabar. Menurut Wakapolres...

Sekda: Tidak Ada Kompromi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan bahwa tidak ada lagi ruang kompromi bagi para pelanggar protokol kesehatan. Hal itu ditegaskan Sekda...

DPRD Pangandaran Minta Bawaslu Perhatikan Medsos

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pelaksanaan Pilkada Pangandaran kampaye pasangan calon sudah dilakukan secara pribadi oleh para pendukung baik itu secara terbuka maupun secara tertutup dengan media sosial (Medsos).  Ketua...

Tingkatkan Prestasi Olahraga, KONI Kota Bandung-FPOK UPI Teken Perjanjian Kerjasama

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kerjasama antara KONI Kota Bandung dengan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK UPI) semakin ditegaskan dengan penandatangan MoU tentang 'Penyelenggaraan...

Pemain Persik Positif Covid-19, Ini kata Persib Pelatih Robert Rene Albert

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert angkat bicara terkait satu pemain Persik Kediri, Andri Ibo, dinyatakan positif terpapar Covid-19.  Robert mengatakan, bahwa hal tersebut...