spot_img
Sabtu 31 Juli 2021
spot_img
spot_img

Ternyata Jambal Roti Pangandaran Bermanfaat juga Bagi Kesehatan

PANGANDARAN, Fokusjabar.id: Jambal Roti, nama ini sudah tidak asing lagi di masyarakat yang hidup di pesisir pantai. Bisa jadi, nama ikan asin ini akan mengingatkan Anda pada perairan laut Indonesia.

Populasi ikan asin ini tersebar di hampir seluruh laut Asia Tenggara termasuk Pangandaran, Indonesia.

Nama Jambal Roti sendiri merupakan hasil dari olahan ikan Manyung asin yang telah digoreng dengan teksturnya rapuh seperti rapuh renyah roti panggang. Ikan ini memiliki bentuk kepala Manyung ke depan dan sering dijadikan kuliner khas Nusantara.

Jambal Roti atau ikan Manyung ini memiliki keunikan yaitu salah satu spesies ikan yang hidup di perairan asin laut Indonesia yang sarat dengan kandungan gizinya.

Orang mempercayai kalau Jambal Roti ini mampu mengobati penyakit jantung, stroke dan kolesterol karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

“Minyak dalam ikan ini merupakan lemak yang berkolesterol rendah, sehingga jika mengkonsumsi ikan ini dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan kelebihan kolesterol,” kata Yanti (42) pedagang ikan asin Jambal Roti, Minggu (21/05/2017).

Di Pangandaran, Indonesia Jambal Roti dijual bebas dari hasil tangkapan nelayan. Hampir disetiap sudut warung di kawasan wisata Pangandaran menjual ikan asin Jambal Roti.

Harganya bervariatif. Dimulai harga Rp 25 ribu hingga Rp 125 ribu. Ikan Jambal Roti menjadi salah satu komoditas utama hasil produksi olahan ikan masyarakat Pangandaran.

“Ikan manyung yang diolah menjadi ikan asin Jambal Roti ini, memberikan manfaat yang paling besar bagi manusia untuk kesehatan dan mencegah dari penyakit seperti jantung, stroke, dan kolesterol. Serta telah menjadi komoditas utama Pangandaran,” pungkasnya.

(Boip/Bam’s)

Artikel Lainnya

spot_img