spot_img
Minggu 2 Oktober 2022
spot_img
More

    Wabup Tasik : Masjid Manonjaya Merupakan Cagar Budaya

    TASIKMALAYA, Fokusjabar.id : Wakil Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, Masjid Agung Manonjaya dengan daya tampung hingga 5 ribu jamaah itu merupakan cagar budaya sejak 1 September 1975. Kemegahan masjid itu tampak terpancar dari segala sisi, terlebih letaknya yang diapit kiri kanan jalan raya.

    “Kondisi masjid yang disangga sebanyak 61 tiang tembok usianya sudah tua, namun masjid itu tetap kokoh dan terlihat keasliannya meski beberapa kali direhab,” kata Ade Sugianto, Sabtu (8/10/2016).

    Masjid Manonjaya, lanjut Ade, banyak menyimpan sejarah, terlebih kaitannya dengan awal berdirinya pemerintahan yang kuat keagamaannya, yakni saat perpindahan Ibukota dari Sukapura ke Manonjaya hingga berpindah lagi ke Tasikmalaya dan diabadikan menjadi Kabupaten Tasikmalaya.

    “Saya berharap generasi muda bisa berbangga dengan sejarah Kabupaten Tasikmalaya, terlebih Masjid Manonjaya berdiri sebagai tonggak kebesaran pemerintahan yang sangat memperhatikan terpeliharanya agama,” tuturnya.

    Ade menegaskan bahwa Masjid Manonjaya harus tetap dijaga dan dilestarikan keberadaannya sebagai warisan dari para pendahulu yang berjuang untuk kesejahteraan rakyatnya dengan dasar agama Islam sebagai pedoman dalam membangun bangsa.

    (Nanang Yudi/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img