Kamis 25 Februari 2021

Luka Tipis Karena Kertas, Mengapa Sangat Perih?

BANDUNG, Fokusjabar.id: semua orang pasti pernah mengalami luka ketika tangan atau jari kita teriris kertas yang tipis? Walaupun hanya luka kecil namun ternyata perihnya sangat terasa bukan?

Seperti dilansir dari sciencealert.com, sebuah ilmiah menjawab pertanyaan tersebut. Penyebab perihnya luka irisan karena kertas tersebut adalah karena saraf yang kita miliki. Ternyata di ujung jari memiliki reseptor nyeri yang lebih banyak dibandingkan di area tubuh yang lain.

Ahli dermatologi, Hayley Goldbach dari University of California, Los Angeles juga menambahkan bahwa jari kita pada umunya sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Sehingga tak aneh jika jari punya banyak ujung saraf sebagai bentuk mekanisme alamiah.

Luka akibat terkena kertas tipis memanag tidak terlalu dalam, sehingga mekanisme pertahanan tubuh alami seperti penggumpalan darah dan keropeng tak bisa diaktifkan. Dan ujung saraf yang terluka jadi terbuka begitu saja, dan luka tersebut terus tertarik dan menegang setiap kali kita menggunakan jari kita untuk beraktivitas, sehingga rasa perihnya pun semakin terasa.

(Vina)

Artikel Lainnya

Luka Tipis Karena Kertas, Mengapa Sangat Perih? 2