spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

Tugas Berat bagi Duta Bahasa Jawa Barat 2016

BANDUNG, Fokusjabar.id : Sri Izzati dan Alvian Rifaldhi Yasin terpilih sebagai Duta Bahasa Jawa Barat periode 2016. Keduanya, mengemban tugas berat menjadi pelopor untuk mempertahankan eksistensi Bahasa Sunda yang semakin rawan tergerus zaman.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, M Abdul Khak menjelaskan, dari pertarungan sengit itu, Duta ini harus menjadi pribadi yang nyunda, namun juga akan menjadi warga dunia dengan bahasa asing dengan wawasannya.

Namun, lanjut dia, yang harus menjadi prioritas Duta baru pada saat ini, bagaimana caranya menjadi garda terdepan dalam mempertahankan eksistensi Bahasa Sunda agar tetap eksis secara substansial tanpa tergerus oleh zaman.

“Kalau dari sisi bahasa daerah itu, bagaimana agar keluarga itu menggunakan bahasa daerahnya, jangan sampai di rumah itu, menggunakan bahasa Indonesia,” ujar Abdul seusai penobatan Duta Bahasa Jawa Barat di Hotel Haris Festival Citilink jalan Peta Kota Bandung, Rabu (24/8/2016).

Mengapa harus di rumah, menurut Abdul, kerjasama keluarga sangat kuat pada saat itu yang berdampak pada kerentanan menggunakan bahasa lain semakin berkurang.

“Mempertahankan bahasa daerah itu, di rumah. itu yang utama. Karena, kalau sudah di luar rumah sulit untuk mengontrol. Karena dengan bahasa yang lain kan,” tegas Abdul.

(Adi/Bam’s)

Artikel Lainnya

spot_img