spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Ini Loh Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pir adalah tanaman buah yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon ini berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

buah pir fokusjabar.id
Buah Pir (Foto. web)

Buah pir yang matang, berwarna kuning dengan bintik kecokelatan yang samar pada kulitnya. Rasa buah yang manis keasaman menjadikannya sangat segar untuk dikonsumsi siang hari.

Selain menyegarkan, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena memberikan sejumlah serat yang dibutuhkan,  memiliki kandungan serat dan anti-oksidan, membantu melawan banyak masalah kesehatan hingga meningkatkan imunitas.

Baca Juga: Manfaat Jambu Batu untuk Kesehatan Anda

Diantaranya :

  1. Menyehatkan Pencernaan

Satu buah Pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian sekitar 21-38 gram. Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya. Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan.

Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah penyakit wasir, sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Pir berukuran sedang memasok 212 miligram Kalium. Kalium adalah mineral yang membantu jantung agar berdetak secara normal dan membuat otot-otot bekerja dengan cara seharusnya. Anti karsinogen glutathione dan anti oksidan terkandung di dalamnya untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

  1. Pencegahan Stroke

Sebuah artikel yang diterbitkan American Heart Association (2011) meneranhkan, makan satu buah sehari dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 52 persen. Pir mungkin juga memotong risiko kematian akibat penyakit jantung.

Lalu artikel lainnya (2007) yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” mencatat bahwa flavonoid dalam Pir dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian yang terkait dengan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pir  mengandung 7,5 miligram vitamin C, yaitu sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit

  1. Gizi Ibu Kehamilan

Asam Folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi tidak mengalami cacat lahir. Kehadiran asam folat dalam pir dapat membantu masalah ini, dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara teratur selama kehamilan

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan ekstra. Pir dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki kulit berminyak. Pir diblender dan campurkan krim segar dan madu. Gunakan pasta ini tiga kali seminggu sebagai masker wajah. Seluruh sekresi kelenjar minyak yang ada di kulit akan berkurang. Semoga Bermanfaat!!!

(Bambang Fouristian/Fokusjabar.id/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img