Minggu 20 September 2020

Motivasi Atlet PON XIX Jabar Didongkrak 3 Srikandi

BANDUNG, Fokusjabar.id : Sekitar 500 lebih atlet dan pelatih yang tergabung dalam Pelatda PON XIX/2016 Jabar ikut larut dalam euforia kemenangan tiga atlet panahan Indonesia meraih medali perak pada Olimpiade Seoul, Korea Selatan, pada tahun 1988. Hal itu terlihat saat para atlet dan pelatih PON XIX/2016 Jabar melakukan nonton bareng film karya sutradara Imam Brotoseno, 3 Srikandi di XXI Empire, Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka Kota Bandung, Jumat (19/8/2016).
Film 3 Srikandi sendiri diangkat dari kisah nyata perjuangan tiga atlet putri panahan Indonesia yakni Lilies Handayani (Lilies), Nurfitriyana Saiman (Yana), dan Kusumawardhani (Kusuma) dalam meraih medali perak di panahan nomor beregu recurve pada Olimpiade Seoul 1988. Medali yang dipersembahkan oleh tiga atlet panahan putri tersebut pun menjadi medali pertama Indonesia di ajang multieven olahraga se-dunia, Olimpiade.
Dalam film 3 Srikandi tersebut, diperlihatkan bagaimana Lilies yang diperankan Chelsea Islan, Yana yang diperankan Bunga Citra Lestari, dan Kusuma yang diperankan Tara Basro berjuang keras untuk meraih medali pada ajang multieven olahraga terakbar se-dunia tersebut dibawah arahan pelatih Donald Pandiangan (Bang Pandi) yang diperankan Reza Rahadian. Dalam film tersebut pun diceritakan terkait kendala-kendala yang menjadi hambatan ketiga atlet panahan putri serta sang pelatih dalam mencapai impian meraih medali di Olimpiade Seoul.
“Saya kurang mengerti tentang cerita tentang film ini tapi secara makna saya tahu. Dan saya tidak harus bercerita disini, karena kalian sebagai atlet pasti lebih mengetahui makna dari film ini,” ujar Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin usai melakukan nonton bareng atlet dan pelatih PON XIX/2016 Jabar, Jumat (19/8/2016).
Ahmad menambahkan, dalam mencapai sebuah prestasi memang tidak lah mudah seperti yang diperlihatkan dalam film 3 Srikandi tersebut. Butuh pengorbanan, disiplin, dan kerja keras dari semua elemen. Baik dari atlet, pelatih, hingga jajaran pengurus serta dukungan keluarga dan masyarakat.
“Mudah-mudahan, makna dari film 3 Srikandi ini bisa jadi penyemangat dan motivasi bagi para atlet untuk berprestasi di PON XIX nanti,” terangnya.
Sementara itu, Satuan Pelaksana (Satlak) Jabar Kahiji PON XIX menuturkan jika acara nonton bareng film 3 Srikandi ini memiliki beberapa tujuan. Selain menjadi ajang refreshing bagi atlet yang selama ini terus melakukan latihan, juga untuk memberikan nilai filosofi yang terkandung dari film 3 Srikandi tersebut.
“Kita ingin para atlet mengetahui jika perjuangan menjadi seorang atlet juara yang berprestasi itu tidak mudah. Butuh pengorbanan , kesungguhan, dan kerja keras dengan modal utama kedisiplinan. Dan hal itu terlihat dari film 3 Srikandi ini,” ujar anggota Satlak Jabar Kahiji PON XIX, Dede Iman Nurgana.
Pada momentum 28 hari menjelang pelaksanaan PON XIX/2016, lanjutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam film 3 Srikandi tersebut harus benar-benar dimiliki setiap atlet. Atlet PON XIX Jabar harus bisa memaknai apa yang terkandung dari isi film 3 Srikandi untuk mewujudkan target Jabar Kahiji.
“Kita harapkan dari nonton film 3 Srikandi ini ada efek psikologis ke atlet jika jadi juara itu tidak mudah. Dan mereka pun diharapkan jika makna dari film ini bisa menjadi jiwa dari atlet Jabar yang akan berlaga di PON XIX,” tegasnya.
(Ageng/Bam’s)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Resmi Dilantik, PP PBVSI Yakin Rudy Bawa Bola Voli Jabar Makin Berprestasi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP...

LKSP-Kadin Ingin Angka Pengangguran di Jabar Turun

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Untuk mengurangi angka pengangguran di Jawa Barat, Lembaga Koordinasi Sertifikasi Profesi (LKSP) Kadin Provinsi Jawa Barat bakal menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi calon pekerja. Pelatihan dilakukan...

10 Manfaat Genjer untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Genjer, kelayan atau eceng (Limnocharis flava) jenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan Eceng Gondok.  Dalam bahasa internasional...

iPad Air Terbaru Resmi Dikenalkan, ini Spesifikasinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: iPad Air resmi diumumkan dalam acara virtual menandai tahun ke-10 sejak iPad Apple pertama dikirimkan, Rabu (16/9/2020). "Tahun ini menjadi tahun-nya iPad. Awal tahun...

BPBD: Ini Faktor Pemicu Banjir Sigi Sulteng

SIGI,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng), Asrul mengatakan, bencana alam banjir dan longsor yang terjadi dalam beberapa...

PMI Bogor Punya Tim Penanganan Jenazah Covid-19

BOGOR,FOKUSJabar.id: Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor membentuk tim penanganan jenazah pasien Covid-19 di 416 desa se-Kabupaten Bogor, Jabar. Hal ini dalam rangka peringatan...

Epic Games Gratiskan Football Manager 2020, Gercep Download!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Epic Games Store kembali membagikan game gratis mereka di seri terkenal atau dikenal sebagai kelas AAA. Kali ini, game yang dibagikan gratis adalah Football...