spot_img
Kamis 6 Mei 2021
spot_img
spot_img

6 Tips “ Miss V “ agar Sehat dan Tidak Bau

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Seiring bertambahnya usia, bukan hanya kulit wajah yang akan mengalami penuaan, kondisi Miss V (vagina) pun akan mengalami hal serupa.

Karen Boyle, MD, pakar kesehatan seksual menyebut, proses penuaan di area Miss V dimulai sejak wanita memasuki usia 20-an. Biasanya sudah akan terjadi pengurangan lapisan lemak di labia bagian luar, kemudian diikuti juga dengan perbuahan di dalam vagina.

Baca Juga: Nepal Longsor, 11 Tewas dan 20 Orang Hilang

Semua wanita tentu saja perlu memahami cara merawat organ intim mereka agar kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga. Caranya sbb:

  1. Bersihkan Miss V dengan air hangat, tanpa sabun atau produk khusus saat mandi. Hindari sabun dengan bahan kimia yang keras dan yang mengandung parfum. Bersihkan organ intim dari depan ke belakang (jangan sebaliknya). Hal itu untuk mencegah mikroba dari anus menyebar ke vagina dan saluran kemih.

Hal serupa harus anda lakukan setelah selesai Buang Air Besar (BAB) maupun kecil. Setelah itu, keringkan organ intim anda.

  1. Saat menstruasi, ganti pembalut anda tiap beberapa jam untuk memastikan vagina tetap bersih dan tidak lembab.
  2. Jangan terlalu sering menggunakan panty liners karena dapat membuat vagina tidak bisa “bernapas” dengan bebas, sehingga menyebabkan vagina menjadi lembab dan menciptakan kondisi yang memicu mikroba untuk berkembang biak.
  3. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun atau serat alami. Bahan sintetis memiliki efek yang sama dengan panty liners. Hindari juga pakaian dalam yang terlalu ketat.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih khusus untuk organ intim. Karena, organ intim memiliki sistem pembersih alami.
  5. Segera ganti pakaian dalam atau celana jika pakaian tersebut basah atau saat berkeringat.

Semoga Bermanfaat!!!

(Bambang Fouristian/Fokusjabar.id/Berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img