spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Ini Loh Asal Usul Seblak Makanan Pedas Bercitarasa Khas

BANDUNG, Fokusjabar.id: Siapa yang tidak kenal seblak? Makanan sederhana bercitarasa khas yang berbahan dasar kerupuk ini cukup digemari, terutama di daerah Jawa Barat. Tak sulit jika kita ingin mencicipi penganan ini. Kini, banyak warung ataupun gerobak pedagang keliling yang menjajakan makanan itu.

Sebenarnya tak sulit jika kita ingin membuat seblak. Cukup tumis kerupuk yang sudah direbus dengan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai dan penyedap rasa. Kita pun bisa menambahkan aneka jenis topping sesuai selera. Maka jadilah makanan yang bertekstur kenyal dan memiliki rasa pedas dan menyegarkan.

Tapi pernahkah terlintas di benak kita, darimanakah penganan unik ini berasal? Meskipun terkenal sebagai makanan khas dari Jawa Barat, beberapa sumber menyebutkan, seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Pasalnya, seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Krupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940an. Seblak memang sekilas mirip dengan kuliner tersebut hanya saja seblak baru populer sekitar tahun 2000 an.

Tapi ternyata seblak juga sudah dikenal di Daerah Cianjur bagian selatan sejak dari zaman sebelum kemerdekaan. Makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Kini seiring dengan perkembangan zaman, seblak memiliki banyak varian. Mulai dari seblak kerupuk kuning, makaroni, tulang, tahu, bakso, siomay,batagor, hingga mie. Bahkan, sekarang ada pula seblak dalam kemasan yang siap saji. Seblak menjadi makanan yang banyak penggemarnya, khususnya bagi kawula muda. Dengan tekstur kenyal, seblak sangat nikmat disantap kala panas dan pedas.

(AM4/Bam’s)

Artikel Lainnya

spot_img