spot_img
Minggu 9 Mei 2021
spot_img
spot_img

Surga Tersembunyi di Pulau Saint Kitts dan Nevis

Fokusjabar.id: Kepulauan Karibia terkenal akan deretan pulau yang memiliki keindahan dan kekayaan hayati terbaik di dunia. Sinar matahari, pasir putih dan pantainya yang eksotis, menjadikan kepulauan Karibia sebagai salah satu surga dunia. Saint kitts dan nevis merupakan salah satu negara yang masuk dalam kepulauannya.

Ya, Saint Kitts dan Nevis merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di kepulauan Leeward Karibia. Dua pulau kecil ini hanya memiliki luas 269 kilometer persegi, dengan penduduk sekitar 42 ribu jiwa.  Jika dilihat dari luas dan jumlah penduduknya, maka negara ini merupakan negara terkecil di Amerika.

Seperti kebanyakan kepulauan Karibia, salah satu pulaunya yaitu Nevis yang menyuguhkan panorama laut yang istimewa. Pulau ini bahkan dinobatkan sebagai pulau terindah kelima versi majalah Conde Nast Traveler. Majalah itu menyebutkan jika Nevis memiliki semua unsur tempat berlibur pantai yang menyenangkan.

Tak hanya itu, pelancong juga dapat pelesiran ke berbagai kota di Saint Kitts dan Nevis, untuk mengunjungi sejumlah bangunan arsitektur kuno bersejarah yang telah populer sebagai daya tarik wisata.

Nah, jika Anda penasaran ingin tahu lebih banyak tentang dua pulau eksotis di Karibia ini? Simak berikut ulasannya :

1. Program Pengangkatan Kewarganegaraan Terlama di Dunia

Siapa sih yang tidak mau tinggal di pulau dengan hembusan angin tropis, pasir putih dan pantainya yang eksotis ini? Ya, mengapa tidak.  Sebagai negara terkecil di benua Amerika, negara Saint Kitts dan Nevis ternyata berupaya keras menarik calon warga negara baru dengan berbagai kelebihannya. Negara ini menawarkan status kewarganegaraan kedua yang bisa didapatkan kapan saja. Caranya pun cukup mudah. Tanamkan saja uang dalam bentuk investasi di negara tersebut, maka status kewarganegaraan sudah dalam genggaman Anda.

Skema kewarganegaraan berbasis investasi ini merupakan program terlama yang ada di dunia. Saint Kitts dan Nevis menyediakan hak kewarganegaraan dengan syarat membayar 250 ribu US Dollar. Sedangkan untuk investasi properti, diperlukan dana lebih tinggi, sekitar 400.000 US Dollar.

Jika semua syarat itu telah dipenuhi, maka anda dapat memperoleh passpor kedua untuk akses masuk ke 130 negara. Bonusnya lagi, di negara ini tidak ada pajak penghasilan, bahkan ada tunjangan untuk kewarganegaraan ganda. Wah, apakah anda tertarik menjadi warga negara ganda di Saint Kitts dan Nevis?

2. Festival-festival di Saint Kitts dan Nevis

Seperti halnya di negara-negara karibia lainnya, beberapa festival budaya di Saint Kitts dan Nevis juga tak kalah meriah. Bahkan, gelaran karnaval dan pesta  sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan di dua pulau tersebut.

Nah, salah satu festival paling populer di pulau ini ialah festival Masquerade. Ini merupakan ajang pesta dansa topeng dan pentas musik. Festival yang telah berkembang selama hampir tiga abad ini merupakan campuran tradisi Afrika dan Eropa. Para peserta dansa akan mengenakan pakaian cerah bermotif yang dihiasi dengan gelang, cermin dan pita. Tak hanya itu, mereka juga mengenakan topeng serta penutup kepala yang dihiasi oleh bulu merak.  Lalu mereka akan berdansa menggabungkan unsur-unsur irama waltz,  tarian tradisional Afrika serta tarian Eropa. Mereka bernari secara berkelompok seraya diiringi oleh pementasan musik tradisional.

Selain Masquerade, festival yang tak kalah unik lainnya ialah festival Culturama. Festival  yang diadakan untuk memperingati hari emansipasi ini digelar setiap akhir pekan di pulau Nevis. Festival ini sudah ada sejak tahun 1974. Digelar guna menghidupkan kembali kesenian rakyat dan adat istiadat yang hilang. Melalui festival ini, masyarakat pun kembali dikenalkan dengan budaya tradisional mereka.

Tak hanya itu saja, Festival Musik Populer Saint Kitts, juga tak kalah menarik.  Festival musik populer yang diadakan setiap tahun pada bulan juni di pulau Saint Kitts ini mengajak wisatawan dan semua pecinta musik di seluruh kepulauan karibian untuk berkumpul bersama menjadi bagian kemeriahan festival.

Musik festival ini  pertama kali diadakan pada tahun 1996. Gabungan musik antara budaya karibia dan musik populer internasional dari berbagai genre disajikan di festival ini setiap tahunnya.  Suasana festival yang meriah ini tentu berdampak positif bagi sektor parawisata. Menjadikan Saint Kitts dan Nevis sebagai negara tujuan wisata yang difavoritkan.

3. Basseterre, Ibukota Saint Kitts dan Navis yang Menjadi Kota Tertua di Karibia

Selain kemeriahan festival, negara kepulauan ini juga punya daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan. Yaitu berkunjung ke Kota Basseterre, ibu kota negara sekaligus kota terbesar dari semua kota di Saint Kitts dan Nevis.

Ketika anda memasuki kota ini Anda akan langsung disambut oleh bangunan-bangunan tua yang tersebar di beberapa titik kota. Beberapa gereja, gedung pengadilan, museum nasional dan  sejumlah bangunan dari zaman kuno lainnya masih bisa anda temukan disini. Uniknya, bangunan-bangunan tua yang berdiri kokoh di kota ini masih sangat terjaga keasliannya. Tak heran jika Basseterre terpilih menjadi kota tertua di karibia timur.

Salah satu arsitektur kuno paling populer di kota ini ialah Brimstone Hill Fortress. Ini merupakan benteng kuno yang dibangun oleh koloni inggris di awal abad ke 18. Dahulunya, benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan Inggris guna melawan para penjajah Eropa lainnya yang hendak menguasai pulau tersebut. Kini, benteng yang letaknya berhadapan langsung ke laut itu menjadi obyek wisata populer di Kota Basseterre. Benteng ini juga berhasil dinyatakan sebagai situs warisan dunia yang diakui UNESCO pada tahun 1999.

Selamat berwisata!

(Vetra)

 

Artikel Lainnya

spot_img