spot_img
Kamis 2 Desember 2021
spot_img
spot_img

5 Dampak Negatif Kebiasaan Begadang

BANDUNG, Fokusjabar.id: Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melepas penat setelah seharian digunakan untuk beraktivitas.

Idealnya, tidur malam adalah 8 jam, hal itu bertujuan untuk merefresh sistem kerja tubuh agar kembali bugar pada keesokan harinya.

Namun tak sedikit juga orang yang memilih begadang dan melanjutkan beebrapa kegiatan ditengah malam.

Dan berikut dampak negatif dari kebiasaan begadang, cekidot !

1. Pusing dan susah untuk berkonsentrasi

Kurang tidur bisa menimbulkan efek pusing dan tidak bersemangat, selalu merasa capek dan tidak bergairah. Akibatnya akaj sangat berpengaruh dalam melakukanaktivitas pekerjaan dan sulit untuk berkonsentrasi.

2. Mempengaruhi Kesuburan

Bagi para wanita, begadang mengakibatkan terganggunya sistem sekresi hormon dan kualitas ovum, dan juga mempengaruhi siklus menstruasi. Dan bagi pria, begadang bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas cairan sperma.

3. Mudah Stress

Stress bisa terjadi akibat keseringan begadang dan kekurangan waktu tidur. Apalagi jika begadang dilakukan sendiri akan rentan membuat kamu menjadi stress.

4. Menyebabkan Diabetes

Pola tidur akan sangat mempengaruhi kadar gula merah yaitu hormon yang mengatur nafsu makan. Pada saat tidur kadar gula di tubuh menurun, karena gula dalam tubuh lebih dipakai hati untuk proses detoksifikasi. Apabila keseringan begadang akan mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan besar kemungkinan terhadap diabetes.
Menurut sebuah penelitian di Orfeu Buxton di Boxton’s Brigham dan Women’s Hospital di dapat fakta bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam sehari akan sangat rentan terhadap diabetes tipe 2

5. Mempercepat Kematian

Sebuah studi pada tahun 2010 menyimpulkan apabila seseorang yang kurang tidur tidak lebih dari 5 jam akan menyebabkan kematian lebih cepat dalam kurun waktu 14 tahun.

(AM1/Vina)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img