spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

5 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa

BANDUNG,Fokusjabar.id: Bagi sebagian mahasiswa, tanggal tua merupakan “momok” tersendiri yang sulit untuk di hindari. Apalagi buat kalian yang berasal dari luar daerah, besar kemungkinan menjalani kehidupan anak kost.

Anak kost jauh dari orang tua merupakan sebuah kepastian, berbeda pada masa SMA dulu yang mudah untuk membeli ini itu kepada orang tua.

Nah, berikut beberapa tips menghemat uang ala mahasiswa agar kalian tidak kehabisan uang saku di tanggal tua :

1. Tahan godaan shopping berlebihan
Hal ini penting karena ketika mendapat transferan dari orang tua, rata rata hawa nafsu belanja meningkat jor joran dan tidak memikirkan dampak kedepannya. Biasanya selalu berfikiran “ah gampang itu, selow, santailah” dan lain-lainnya.

2. Usahakan untuk memasak sendiri
Jika kondisi kos yang kalian tempati memungkinkan untuk masak, usahakan bisa memasak sendiri. Minimal bisa memasak nasi, sehingga kalian bisa menghemat dengan membeli lauknya saja. Hemat bukan?

3. Berhenti Merokok
Sangat sulit, namun usahakan perlahan untuk berhenti merokok karena harga rokok di rentan sekitar Rp15-20 Ribu per bungkus. Coba bayangkan berapa uang yang bisa kamu hemat dalam sebulan.

4. Kerja Sampingan
Jika kalian merasa uang saku tidak cukup, cobalah untuk mencari kerjaan sampingan menguntungkan. Yang bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kuliah.

5. Menabung
Pada dasarnya, buat beberapa kalangan mahasiswa tips ini mungkin merupakan tips yang paling sulit. Disaat kantong mulai pas pasan dan kebutuhan masih banyak yang harus di penuhi. Namun kamu bisa mulai mencobanya dengan menyisihkan minimal 5000 rupiah per hari secara rutin. Coba dikalikan sebulan, lumayan juga hasil tabungannya kan.

(Agum/Vina)

Artikel Lainnya

spot_img