spot_img
Minggu 1 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Mampukah Manusia Melakukan Perjalanan ke Inti Bumi?

BANDUNG, Fokusjabar.id: Para ilmuwan selalu mencari cari agar bisa membawa umat manusia ke luar angkasa, namun jarang sekali terpikir membawa mereka melakukan perjalanan ke inti bumi.

Seperti dikuti Extreme Tech, melansir Okezone, sepanjang sejarah, umat manusia hanya mampu melakukan perjalanan sejauh 12 kilometer, atau 0,2 persen menuju inti Bumi. Kendati ada kemungkinan umat manusia bisa pergi lebih dalam lagi, namun hal itu sangat tidak dianjurkan.

Pasalnya untuk bisa mencapai inti bumi, manusia akan menghadapi suhu panas yang meningkat secara drastis. Di kerak bumi, suhu akan meningkat 25 derajat dalam setiap satu kilometer perjalanan. Ini berarti, Jika Anda masuk sedalam 10 kilometer, maka suhu bisa berkisar 250 derajat.

Setelah keluar dari kerak Bumi, Anda akan dihadapkan dengan lapisan mantel Bumi. Dalam lapisan ini, suhu akan berkisar 650-1.220 derajat celcius. Dengan kata lain, manusia dan teknologi yang diusungnya hingga kini belum mampu menangani resiko tersebut.

Sejauh ini, pengeboran paling dalam dilakukan oleh Rusia. Dalam proyek yang bernama Kola Superdeep Borehole, kala itu pengeboran harus berhenti di kedalaman 12 kilometer. Proyek dihentikan karena dirasa terlalu berbahaya.

(Vetra)

Artikel Lainnya

spot_img