spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Studi : Pola Diet Masyarakat Jepang yang Terbaik

BANDUNG, Fokusjabar.id: Menurut penelitian di Kayo Kurotani dari Pusat Nasional untuk Kesehatan Global dan Obat-obatan di Tokyo menunjukkan, pola diet yang dilakukan oleh masyarakat Jepang merupakan pola yang mengkontribusi seseorang untuk memperpanjang usia mereka. Pasalnya pola diet yang dilakukan di Jepang, rutin mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, gading dan ikan.

Seperti dilansir Times of India, para peneliti merekomendasikan pola diet yang sama, tentunya diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Mereka tergerak untuk mencari hubungan pasti antara kepatuhan terhadap panduan pola diet dengan faktor yang menyebabkan kematian secara spesifik.

Mereka menggunakan data kuesioner berisi apa saja yang dimakan oleh 36.624 responden pria dan 42.930 responden wanita berumur 45 sampai 75 tahun. Responden harus terdiri dari orang-orang yang sehat, tidak memiliki riwayat kanker, stroke, penyakit jantung, atau penyakit hati kronis. Kehidupan mereka terus dipantau selama 15 tahun.

Mereka menemukan bahwa sebanyak 15 persen pria yang patuh mengikuti panduan makan, lebih rendah mengalami kematian yang mendadak. Dari situlah ditekankan agar masyarakat melakukan diet seimbang dengan mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging dan ikan karena dapat membuat seseorang lebih fit dan sehat.

Studi yang diterbitkan oleh The BMJ juga menyimpulkan, pola diet semacam ini mengurangi risiko kematian terutama penyakit kardiovaskular pada populasi Jepang.

(Vetra)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img