Senin 18 Januari 2021

Cara Mengatasi Rumah Anda Yang Bocor

Fokusjabar.id: Saat atap rumah minimalis anda bocor, setiap turun hujan anda pun turun tangan mewadahi tetesan air hujan ke dalam rumah anda. Setelah hujan reda anda membuang air di dalam wadah tersebut satu per satu. Terkadang anda harus mengepel lantai untuk membersihkan sisa tetesan air hujan. Sungguh merepotkan bukan?. Semakin banyak jumlah atap rumah anda yang bocor semakin banyak pula wadah yang anda gunakan.
Lebih baik anda segera mencari tahu mengapa atap rumah saya sering bocor ketika hujan? Berikut diberitahukan penyebab atap rumah sering bocor :
1. Atap sudah rusak
2. Posisi atap yang berntakan
3. Ada celah pada bagian bubungan
4. Masalah pada talang air
5. Konstruksi atap yang lemah
6. Terdapat sampah
7. Atap kurang miring

Dan di bawah ini disampaikan cara mengatasi genteng rumah yang bocor :
1. Carilah sumber kebocoran atap rumah anda disiang hari. Perhatikan ketika ada celah cahaya yang masuk berarti disitulah sumber kebocoran. Untuk rumah anda yang sudah dipasang plsfon maka naiklah dan berhati-hatilah dengan kabel yang terbuka.
2. Lakukan penambalan pada atap yang bocor. Penambalan disesuaikan dengan jenis atap. Untuk atap rumah dari esbes bisa ditambal dengan pemberian kawat kasa dan lapisan penahan bocor. Untuk atap genting lebih baik diganti.
3. Segera lakukan penataan untuk atap rumah anda yang berantakan.
4. Bila kebocoran ada pada bubungan maka lakukan penambalan dengan mengoleskan lem beton. Setelah kering baru anda beri lapisan semen. Atau cukup anda tutup dengan seng atau plastik. Namun ini hanya bersifat sementara..
5. Bersihkan atap dan talang dari sampah. Agar aliran air bisa lancar dan tidak menggenang pada satu titik atap.
6. Apabila masalah kebocoran ada pada konstruksi atap yang lapuk atau kurang miring. Maka lebih baik anda mengganti konstruksi atap rumah anda. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi masalah kebocoran atap rumah anda.

(Rud)

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Rumah Anda Yang Bocor 2
Cara Mengatasi Rumah Anda Yang Bocor 3