spot_img
Minggu 9 Mei 2021
spot_img
spot_img

Hati-Hati! Obat Asam Lambung Sebabkan Resiko Demensia

BANDUNG, Fokusjabar.id: Obat asam lambung yang terkenal mengandung Proton Pump Inhibitor atau zat yang mampu menghentikan rasa sakit karena asam lambung naik, kini dikaitkan dengan berbagai macam resiko penyakit. Diantaranya patah tulang, masalah ginjal, infeksi dan masih banyak lagi.

Sebuah penelitian terbaru menyatakan, obat sakit perut ternyata dapat mengakibatkan peningkatan resiko demensia.

Proton Pump Inhibitors atau P.P.I tersedia secara luas dengan berbagai merek seperti Prevacid, Prilosec dan Nexium.

Para peneliti di Jerman melakukan studi P.P.I kepada 73.679 pria dan wanita yang lebih tua dari usia 75 tahun, terbebas dari demensia pada awal penelitian. Kemudian penelitian dilakukan tindak lanjut selama lebih dari lima tahun. Hasilnya, sekitar 29.000 responden terkena penyakit Alzheimer atau Demensia.

Setelah dilihat dari umur, jenis kelamin, tingkat depresi, stroke, penyakit jantung dan penggunaan obat-obatan lain, peneliti menemukan bahwa penggunaan P.P.I secara rutin, meningkatkan risiko demensia pada laki-laki sebesar 52 persen dan pada wanita sebesar 42 persen jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan.

“Studi kami belum membuktikan bahwa P.P.I penyebab demensia. Hal ini hanya memberikan asosiasi statistik, dan masih menjadi teka-teki. Dokter, apoteker dan pasien harus mempertimbangkan efek samping dalam penggunaannya. Dan studi kedepannya akan lebih memberikan informasi atas keputusan ini,” tutur Peneliti Senior Pusat Penyakit Neurodegenerative Jerman, Britta Haenisch seperti dilansir New York Times.

(Vetra)

Artikel Lainnya

spot_img