spot_img
Kamis 2 Desember 2021
spot_img
spot_img

Album “Blackstar”, Hadiah Perpisahan David Bowie Kepada Para Penggemar

INGGRIS, Fokusjabar.id: Para penggemar musik dunia kini masih dalam rasa berkabung atas kepergian musisi ternama Inggris David Bowie yang wafat pada Minggu (10/1/2016). Seakan dikejutkan, ikon pop dunia itu wafat dua hari setelah merilis album terakhirnya Blackstar.

David Bowie meninggal dunia diĀ usia 69 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker selama 18 bulan terakhir.

Terhitung sejak Bowie menghembuskan nafas terakhirnya, penjualan album Blackstar pun mengalami peningkatan cukup drastis di toko-toko musik dunia.

Menurut Official Charts Company di Inggris Raya, sebagaimana dilansir CNN, angka penjualan album musik Blackstar di Inggris sudah mencapai 43 ribu keping. Begitu pun album-album kumpulan lagu terbaik Bowie laku diborong para penggemar.

Sang produser dari album Blackstar, Toni Visconti, mengungkapkan bahwa album itu adalah “hadiah perpisahan” dari Bowie, khusus untuk para penggemarnya.

“Dia [Bowie] membuat Blackstar untuk kita, itu adalah hadiah perpisahan darinya. Saya sudah tahu bahwa album itu akan menjadi album terakhirnya. Bagaimanapun juga, saya tidak siap untuk hal itu. Bowie adalah orang yang luar biasa, penuh dengan cinta dan kehidupan. Dia akan terus bersama kita,” kata Visconti, mengutip NME.

Tak hanya rilisan fisik Bowie yang menjadi incaran masyarakat, ternyata rilisan digital pun ikut laris diburu. Salah satu layanan jasa streaming terbesar di dunia, Spotify, mengumumkan bahwa jumlah lagu Bowie yang diputar telah naik secara drastis, yakni mencapai 2.700 persen.

Sejak berita wafatnya Bowie diumumkan, lagu-lagu Bowie yang tersedia di Spotify sudah diputar lebih dari 165 juta kali. Lagu Bowie yang paling banyak diputar adalah Under Pressure, sampai 65 juta kali. Kemudian diikuti oleh Space Oddity di peringkat kedua, sebanyak 31 juta kali.

Selain itu, Blackstar juga menjadi album paling laku di layanan jasa streaming iTunes milik Apple di Inggris maupun di Amerika Serikat. Kemudian, di situs web Amazon, Blackstar menduduki peringkat pertama di daftar penjualan album terbanyak.

(Vetra)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img